Tuesday, October 6, 2015

SHADAQAH



Pengertian shadaqah dan hukumnya
Shdaqah dalam bahasa indonesia sering disebut sedekah yaitu memberikan sesuatu kepada oran lain dengan  mengharap ridha Allah. Banyak sekali firman Allah maupun hadits yang menganjurkan dan menjelaskan kepda kita untuk selalu bershadaqah, antarala lain sesuai dengan firman Allah:
Allah melipatgandakan pahala bagi orang yang senang bershadaqah danmembelanjakan hartanya di jalan Allah, seprti firman Allah:
Begitu besarnya balasan Allah beriakan kepada orang yang senang bershadaqah, qaluoun shadaqah itu hukumnya sunnah, tetapi sunnah yang sangat dianjurkan (sunnah mua’kad).
Setiap muslim dianjurkan untuk bershadaqah apa saja yang dipunyai sesuai dengan kemampuannya.
Bentuk-bentuk shadaqah
Bershadaqah dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk. Apabila tidak mempunyai harta, bershadaqah dengan tenaga, apabila tidak dapat dengan tenaga dengan perkataan yang baik pun sdah termasuk shadaqah. Sabda Rasulullah:
Bahkan menahan iri tidak berbuat keburukan kepada orang lain pun termasuk shadaqah. Sabda Rasulullah:
Senyum manis yang dimaksud dalam hadits di atas adalah menghormati oarang lain atau teman yang berkunjung lebih disuakai darpada hidangan yang disertai dalam muka cemberut. Shdaqah merupakan tabungan untuk hidup di akhirat.

No comments:

Post a Comment