RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MADRASAH TSANAWIYAH TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
Mata
Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester :
VII (Tujuh) / Genap
Tema : Zakat
Pertemuan
Ke : 3
AlokasiWaktu : 2 x 40 menit (1 Pertemuan)
A.
KOMPETENSI INTI
K-1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
K-2 Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
K-3Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
K-4Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
KOMPENTENSI DASAR
1.1.Menghayati ajaran Islam dengan meyakini ketentuan zakat
2.1.Menunjukkan sikap sosial dengan melaksanakan ketentuan zakat
3.1.Menjelaskan
ketentuan zakat dan orang yang berhak menerima zakat
4.1.Menyajikan deskripsi pelaksanaan
zakat
C.
INDIKATOR
1.1.1.
Siswa
meyakini ketentuan zakat
1.1.2.
Siswa
mengahayati hikmah-hikmah zakat
2.1.1.
Siswa
bersikap peduli dengan melaksanakan ketentuan zakat
2.1.2.
Siswat
bersikap tanggung jawab dengan melaksanakan ketentuan zakat
3.1.1.
Siswa
menjelaskan ketentuan zakat
3.1.2.
Siswa
menjelaskan orang yang berhak menerima zakat
3.1.3.
Siswa
mendeskripsikan pelaksanaan zakat
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
melakukan pengamatan, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasi
diharapkan siswa dapat:
1.
Meyakini
ketentuan zakat.
2.
Mengahayati
hikmah-hikmah zakat.
3.
Bersikap
peduli dengan melaksanakan ketentuan zakat.
4.
Bersikap
tanggung jawab dengan melaksanakan ketentuan zakat.
5.
Menjelaskan
ketentuan zakat.
6.
Menjelaskan
orang yang berhak menerima zakat.
7.
Mendeskripsikan
pelaksanaan zakat.
E.
MATERI PEMBELAJARAN
-
Dalil tentang Zakat
-
Pengertian Zakat
-
Macam-Macam dan Syarat-Syarat Zakat
F.
MODEL PEMBELAJARAN
Pendekatan :
Scientific approach.
Strategi :
Active learning
Model
pembelajaran : Jigsaw learning
Metode pembelajaran : Ceramah, tanya jawab dan diskusi
G.
SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Al-Utsaimin,
Syaikh Muhammad bin Shalih, Sifat Zakat Nabi SAW. Penerjemah: Muhammad fathoni dan Muhtadi. Sifat Zakat NabiSAW. Jakarta : Darus Sunnah. 2012.
2.
Ash-Shidieqy,
M. Hasbi. Pedoman Zakat. Semarang : PT. Pustaka Rizki Putra.
2009.
3.
Asy-Syafi’i,
Muhammad Abu Abdillah Syamsudin Bin Qosim. Fathul Qorib Penerjemah:
Imron Abu Amar. Kudus: Menara. 1982.
4.
Gusfahmi.
Pajak Menurut Syariah. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. 2007.
5.
Hadi,
Nor. Ayo Memahami Fikih untuk MTs./SMP
kelas VIII. (Jakarta :
Penerbit Erlangga. 2009.
H.
MEDIA ATAU ALAT PEMBELAJARAN
1.
Papan
tulis, spidol, peghapus.
2.
LCD,
proyektor.
I.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Guru mengucap salam dan berdoa bersama dengan penuh khidmat.
b. Guru memeriksa kehadiran peserta didik, kerapian berpakaian, posisi
tempat duduk yang disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
c. Guru menyapa peserta didik.
d. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
e. Guru menyampaikan pertanyaan secara komunikatif mengenai hal yang
terkait dengan materi mensyukuri nikmat Allah.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
|
a.
Mengamati
·
Peserta
didik mengamati penjelasan materi zakat.
·
Peserta
didik mengamati tabel dan bagan tentang zakat yang disediakan guru.
|
10 menit
|
b.
Menanyakan
·
Guru
memancing peserta didik untuk menanggapi/ bertanya tentang materi yang telah disampaikan.
·
Guru
memberikan pertanyaan tentang materi zakat.
|
10 menit
|
|
c.
Mengeksplorasi/Mengeksperimen
·
Guru
membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok ahli.
·
Masing-masing
kelompok tersebut mendiskusikan tema yang ditentukan oleh guru.
·
Setiap
kelompok mengirimkan anggotanya ke kelompok lain untuk menyampaikan apa yang
telah mereka pelajari di kelompoknya.
|
20 menit
|
|
d.
Mengasosiasi
·
Setiap
kelompok merumuskan hasil diskusi tentang tema-tema yang dibahas.
|
10
menit
|
|
e.
Mengkomunikasikan hasil
·
Guru
meminta setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
·
Guru
meminta kelompok lain untuk menanggapinya.
·
Guru
menanyakan seandainya ada persoalan-persoalan yang tidak terpecahkan dalam
kelompok.
|
20 menit
|
|
Penutup
|
a.
Berilah
peserta didik pertanyaan untuk mengecek pemahaman mereka terhadap materi yang
dipelajari.
|
3 menit
|
b.
Guru
melakukan kesimpulan, klarifikasi dan tindak lanjut.
|
2 menit
|
|
c. Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa kemudian diakhiri dengan salampenutup.
|
1 menit
|
J.
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.
Sikap Spiritual
·
Tehnik
penilaian: penilaian diri
·
Bentuk
instrumen: observasi
·
Kisi-kisi
No
|
Sikap/Nilai
|
Butir Istrumen
|
1.
|
Berdo’a
sebelum dan sesudah belajar
|
Terlampir
|
2.
|
Mengucapkan
basmalah zetiap akan memulai aktivitas
|
Terlampir
|
2.
Sikap Sosial
·
Tehnik
penilaian: penilaian diri
·
Bentuk
instrumen: lembar penilaian diri
·
Kisi-kisi
NO
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN
JAWABAN
|
SKOR
|
||||
YA
|
TIDAK
|
||||||
1
|
Menunaikan zakat fitrah pada setiap bulan Ramadhan
tepat waktu
|
|
|
|
|||
2
|
Memberikan zakat pada mustahiq zakat
|
|
|
|
|||
3
|
Membangkang menunaikan zakat
|
|
|
|
|||
4
|
Menunaikan zakat fitrah setelah sholat ‘id
|
|
|
|
|||
JUMLAH
SKOR
|
|
||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI
AKHIR
|
|||||
Skor
sikap positif
|
Skor
sikap negatif
|
skor maksimal
|
|
||||
Ya : 2
|
Ya : 1
|
||||||
Tidak : 1
|
Tidak : 2
|
PREDIKAT
|
|
||||
3.
Aspek Pengetahuan
·
Tehnik
penialian: tertulis
·
Bentuk
instrumen: soal uaraian
·
Kisi-kisi
No
|
Indikator
|
Isrtrumen
|
1
|
Peserta didik menjelaskan pengertian, dalil, macam-macam dan
ketentuan zakat.
|
Jelaskan pengertian, dalil, macam-macam dan ketentuan zakat!
|
2
|
Peserta didik menjelaskan mustahiq zakat dan hikmah-hikmah zakat.
|
Jelaskan mustahiq zakat dan hikmah-hikmah zakat!
|
4.
Aspek Keterampilan
·
Tehnik
penialian : performance
·
Bentuk
instrumen : lembar performance
·
Kisi-kisi
No
|
Nama
|
Aspek
yang Dinilai
|
Jumlah
Skor
|
|
1
|
2
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai:
1.
Isi
presentasi
2.
Presentasi
Keterangan: di sini siswa
ditugaskan untuk survei lapangan di badan pengelola zakat setempat, lalu mereka
membuat laporan deskripsi tentang proses pengelolaan zakat dan dipresentasikan
di depan kelas.
No comments:
Post a Comment