Tuesday, October 6, 2015

CONTOH RPP KURIKULUM 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MADRASAH TSANAWIYAH  TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran          : Fiqih
Kelas/Semester          : VII (Tujuh) / Genap
Tema                          : Zakat
Pertemuan Ke           : 3
AlokasiWaktu            : 2 x 40 menit (1 Pertemuan)
A.    KOMPETENSI INTI
K-1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
K-2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
K-3Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
K-4Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.     KOMPENTENSI DASAR
1.1.Menghayati ajaran Islam dengan meyakini ketentuan zakat
2.1.Menunjukkan sikap sosial dengan melaksanakan ketentuan zakat
3.1.Menjelaskan ketentuan zakat dan orang yang berhak menerima zakat
4.1.Menyajikan deskripsi pelaksanaan zakat
C.    INDIKATOR
1.1.1.      Siswa meyakini ketentuan zakat
1.1.2.      Siswa mengahayati hikmah-hikmah zakat
2.1.1.      Siswa bersikap peduli dengan melaksanakan ketentuan zakat
2.1.2.      Siswat bersikap tanggung jawab dengan melaksanakan ketentuan zakat
3.1.1.      Siswa menjelaskan ketentuan zakat
3.1.2.      Siswa menjelaskan orang yang berhak menerima zakat
3.1.3.      Siswa mendeskripsikan pelaksanaan zakat
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah melakukan pengamatan, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasi diharapkan siswa dapat:
1.     Meyakini ketentuan zakat.
2.     Mengahayati hikmah-hikmah zakat.
3.     Bersikap peduli dengan melaksanakan ketentuan zakat.
4.     Bersikap tanggung jawab dengan melaksanakan ketentuan zakat.
5.     Menjelaskan ketentuan zakat.
6.     Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat.
7.     Mendeskripsikan pelaksanaan zakat.
E.     MATERI PEMBELAJARAN
-          Dalil tentang Zakat
-          Pengertian Zakat
-          Macam-Macam dan Syarat-Syarat Zakat
F.     MODEL PEMBELAJARAN
Pendekatan                          : Scientific approach.
Strategi                                 : Active learning
Model pembelajaran             : Jigsaw learning
Metode pembelajaran           : Ceramah, tanya jawab dan diskusi
G.    SUMBER PEMBELAJARAN
1.     Al-Utsaimin, Syaikh Muhammad bin Shalih, Sifat  Zakat Nabi SAW. Penerjemah: Muhammad fathoni dan Muhtadi. Sifat Zakat NabiSAW. Jakarta : Darus Sunnah. 2012.
2.     Ash-Shidieqy, M. Hasbi. Pedoman Zakat. Semarang : PT. Pustaka Rizki Putra. 2009.
3.     Asy-Syafi’i, Muhammad Abu Abdillah Syamsudin Bin Qosim. Fathul Qorib Penerjemah: Imron Abu Amar. Kudus: Menara. 1982.
4.     Gusfahmi. Pajak Menurut Syariah. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. 2007.
5.     Hadi, Nor. Ayo Memahami Fikih untuk MTs./SMP kelas VIII. (Jakarta : Penerbit Erlangga. 2009.
H.    MEDIA ATAU ALAT PEMBELAJARAN
1.    Papan tulis, spidol, peghapus.
2.    LCD, proyektor.
I.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Waktu
Pendahuluan
a.     Guru mengucap salam dan berdoa bersama dengan penuh khidmat.
b.     Guru memeriksa kehadiran peserta didik, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk yang disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
c.     Guru menyapa peserta didik.
d.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
e.     Guru menyampaikan pertanyaan secara komunikatif mengenai hal yang terkait dengan materi mensyukuri nikmat Allah.
10 menit
Kegiatan Inti

a.      Mengamati
·         Peserta didik mengamati penjelasan materi zakat.
·         Peserta didik mengamati tabel dan bagan tentang zakat yang disediakan guru.
10 menit
b.      Menanyakan
·         Guru memancing peserta didik untuk menanggapi/ bertanya tentang  materi yang telah disampaikan.
·         Guru memberikan pertanyaan tentang materi zakat.
10 menit
c.       Mengeksplorasi/Mengeksperimen
·         Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok ahli.
·         Masing-masing kelompok tersebut mendiskusikan tema yang ditentukan oleh guru.
·         Setiap kelompok mengirimkan anggotanya ke kelompok lain untuk menyampaikan apa yang telah mereka pelajari di kelompoknya.
20 menit
d.      Mengasosiasi
·         Setiap kelompok merumuskan hasil diskusi tentang tema-tema yang dibahas.
10 menit
e.       Mengkomunikasikan hasil
·         Guru meminta setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
·         Guru meminta kelompok lain untuk menanggapinya.
·         Guru menanyakan seandainya ada persoalan-persoalan yang tidak terpecahkan dalam kelompok.
20 menit
Penutup
a.    Berilah peserta didik pertanyaan untuk mengecek pemahaman mereka terhadap materi yang dipelajari.
3 menit
b.    Guru melakukan kesimpulan, klarifikasi dan tindak lanjut.
2 menit
c.       Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa kemudian diakhiri dengan salampenutup.
1 menit


J.      PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.    Sikap Spiritual
·         Tehnik penilaian: penilaian diri
·         Bentuk instrumen: observasi
·         Kisi-kisi
No
Sikap/Nilai
Butir Istrumen
      1.             
Berdo’a sebelum dan sesudah belajar
Terlampir
      2.             
Mengucapkan basmalah zetiap akan memulai aktivitas
Terlampir

2.    Sikap Sosial
·         Tehnik penilaian: penilaian diri
·         Bentuk instrumen: lembar penilaian diri
·         Kisi-kisi
NO
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR
YA
TIDAK
1
Menunaikan zakat fitrah pada setiap bulan Ramadhan tepat waktu




2
Memberikan zakat pada mustahiq zakat




3
Membangkang menunaikan zakat




4
Menunaikan zakat fitrah setelah sholat ‘id




JUMLAH SKOR

KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
Skor sikap positif
Skor sikap negatif
x 100

 
skor yang diperoleh
skor maksimal

 Ya         : 2               
Ya     : 1
 Tidak     : 1              
Tidak : 2
PREDIKAT








3.    Aspek Pengetahuan
·         Tehnik penialian: tertulis
·         Bentuk instrumen: soal uaraian
·         Kisi-kisi
No
Indikator
Isrtrumen
1
Peserta didik menjelaskan pengertian, dalil, macam-macam dan ketentuan zakat.
Jelaskan pengertian, dalil, macam-macam dan ketentuan zakat!
2
Peserta didik menjelaskan mustahiq zakat dan hikmah-hikmah zakat.
Jelaskan mustahiq zakat dan hikmah-hikmah zakat!

4.    Aspek Keterampilan
·         Tehnik penialian            : performance
·         Bentuk instrumen          : lembar performance
·         Kisi-kisi
No
Nama
Aspek yang Dinilai
Jumlah Skor
1
2
















Aspek yang dinilai:
1.    Isi presentasi
2.    Presentasi
Keterangan: di sini siswa ditugaskan untuk survei lapangan di badan pengelola zakat setempat, lalu mereka membuat laporan deskripsi tentang proses pengelolaan zakat dan dipresentasikan di depan kelas.

No comments:

Post a Comment