Monday, June 28, 2021

RPP PABP SMA/SMK 1 lembar

 

 

NO. 1 (Pertemuan Ke-1)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah       

Mata Pelajaran

Komp. Keahlian

: SMK

: PABP

: Semua Program

Kelas/Semester                                 Tahun Pelajaran

Alokasi Waktu

: X/Gasal

: 2020/2021

: 2 JP

A.  Tujuan Pembelajaran

1.1 Setelah membaca ayat dan hadits siswa dapat meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama.

2.1 Secara sadar siswa dapat menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah ayat dan hadits.

3.1 Melalui diskusi siswa dapat menganalisis ayat dan hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).

4.1.1 Secara mandiri siswa dapat membaca ayat sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.

4.1.2 Secara mandiri siswa dapat mendemonstrasikan hafalan ayat dengan fasih dan lancar.

4.1.3 Melalui diskusi siswa dapat menyajikan keterkaitan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri, prasangka baik, dan persaudaraan.

 

B.  Kegiatan Pembelajaran

1.    Pendahuluan/Kegiatan Awal

a.    Mengucapkan salam dan membaca basmallah bersama untuk mengawali pelajaran.

b.    Mengecek kehadiran siswa dan memberi motivasi belajar.

c.    Mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.

d.   Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.

e.    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

2.    Kegiatan Inti

a.    Pemberian rangsangan (Stimulation)

1.    Siswa melihat gambar perilaku kontrol diri.

2.    Siswa membaca ayat dan hadits untuk mengidentifikasi kandungan QS al-Anfal (8):72, serta Hadis terkait.

b.    Identifikasi Masalah (Problem Statement)

1.    Siswa mengidentifikasi kandungan ayat dan hadits, bacaan tajwid, dan keterkaitan kualitas keimanan dengan kontrol diri.

2.    Siswa mendiskusikan kandungan ayat dan hadits, bacaan tajwid, dan keterkaitan kualitas keimanan dengan kontrol diri.

c.    Pengumpulan Data (Data Collection)

Siswa mengumpulkan data tentang kandungan ayat dan hadits, bacaan tajwid, dan keterkaitan kualitas keimanan dengan kontrol diri.

d.   Pembuktian ( Verification)

Siswa mengklasifikasikan kandungan ayat dan hadits, bacaan tajwid, dan keterkaitan kualitas keimanan dengan kontrol diri.

e.    Menarik kesimpulan (Generalitation)

1.    Siswa memaparkan kandungan ayat dan hadits, bacaan tajwid, dan keterkaitan kualitas keimanan dengan kontrol diri.

2.    Guru dan siswa menarik kesimpulan kandungan ayat dan hadits, bacaan tajwid, dan keterkaitan kualitas keimanan dengan kontrol diri.

3.    Penutup

a.    Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran

b.    Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan

c.    Siswa dan guru melakukan umpan balik

d.   Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

 

C.  Penilaian Pembelajaran

1.    Sikap            : Penilaian Diri

2.    Pengetahuan : Tes tertulis

3.    Ketrampilan  : Kinerja

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

 

 

Kudus,   Juli 2020

Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment