NO. 1 (Pertemuan Ke-1)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah Mata
Pelajaran Komp. Keahlian |
:
SMK :
PABP : Semua
Program |
Kelas/Semester Tahun Pelajaran Alokasi
Waktu |
:
X/Gasal : 2020/2021 :
2 JP |
A. Tujuan Pembelajaran
1.1 Setelah membaca ayat dan hadits siswa
dapat meyakini
bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama.
2.1 Secara sadar siswa
dapat menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan),
dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah ayat dan hadits.
3.1 Melalui diskusi siswa dapat menganalisis
ayat dan hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
4.1.1 Secara mandiri siswa dapat
membaca ayat sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.
4.1.2 Secara mandiri siswa dapat mendemonstrasikan
hafalan ayat dengan fasih dan lancar.
4.1.3 Melalui diskusi siswa dapat
menyajikan keterkaitan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri, prasangka
baik, dan persaudaraan.
B. Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal
a.
Mengucapkan
salam dan membaca basmallah bersama untuk mengawali pelajaran.
b.
Mengecek
kehadiran siswa dan memberi motivasi belajar.
c.
Mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
d.
Menjelaskan
tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
e.
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
2.
Kegiatan
Inti
a.
Pemberian
rangsangan (Stimulation)
1. Siswa melihat gambar perilaku kontrol diri.
2. Siswa membaca ayat dan hadits untuk mengidentifikasi kandungan QS
al-Anfal (8):72, serta Hadis terkait.
b. Identifikasi
Masalah (Problem Statement)
1. Siswa mengidentifikasi kandungan ayat
dan hadits, bacaan tajwid, dan keterkaitan kualitas keimanan dengan kontrol diri.
2. Siswa
mendiskusikan kandungan ayat dan
hadits, bacaan tajwid, dan keterkaitan kualitas keimanan dengan kontrol diri.
c. Pengumpulan
Data (Data Collection)
Siswa
mengumpulkan data tentang kandungan ayat dan hadits, bacaan tajwid, dan keterkaitan
kualitas keimanan dengan kontrol diri.
d. Pembuktian ( Verification)
Siswa
mengklasifikasikan kandungan ayat dan hadits, bacaan tajwid, dan keterkaitan
kualitas keimanan dengan kontrol diri.
e. Menarik
kesimpulan (Generalitation)
1. Siswa
memaparkan kandungan ayat dan hadits, bacaan tajwid, dan keterkaitan
kualitas keimanan dengan kontrol diri.
2. Guru dan siswa
menarik kesimpulan kandungan ayat dan hadits, bacaan tajwid, dan keterkaitan
kualitas keimanan dengan kontrol diri.
3.
Penutup
a.
Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajaran
b.
Siswa
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
c.
Siswa
dan guru melakukan umpan balik
d.
Siswa
dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
C. Penilaian Pembelajaran
1.
Sikap : Penilaian Diri
2.
Pengetahuan
: Tes tertulis
3.
Ketrampilan : Kinerja
Mengetahui Kepala Sekolah |
Kudus, Juli 2020 Guru Mata Pelajaran, |
No comments:
Post a Comment